YAMAHA

NOUVO Skuter Pertama Yamaha yang Diluncurkan di Indonesia 

Pasar sepeda motor di Indonesia adalah pasar sepeda motor terbesar nomor 3 didunia, tetapi pangsa pasar terbesar adalah motor berkapasitas mesin kecil dengan model bebek (underbone) karakter khas Asia Tenggara.Hal ini agak kurang menguntungkan bagi produsen motor, karena kecenderungan pasar sepeda motor dunia untuk sepeda motor berkapasitas mesin kecil adalah jenis skuter.Alasan ini menjadi dasar dari Yamaha Indonesia untuk mencoba mempopulerkan skuter di Indonesia melalui Yamaha Nouvo pada tahun 2003,walaupun sampai saat itu beberapa perusahaan lain yang mencoba mempopulerkan skuter belum pernah sukses.Tercatat Vespa pernah mengeluarkan skuter otomatis Corsa dan Kymco melalui JetmaticTrend

Desain bodi

Desain bodi Yamaha Nouvo merupakan percampuran antara skuter dan motor bebek,pengaruh motor bebek terlihat pada ukuran roda yang digunakan (lebih ramping dan lebih besar dari skuter)dan masih adanya gundukan yang memisahkan tempat pijakan kaki kanan dan kaki kiri

Mesin

Mesin full otomatis khas skuter dipasangkan dimotor ini,berkapasitas 113 cc cukup bertenaga dan pas dengan pasar Indonesia.Transmisi otomatis menjadi poin utama dalam kampanye penjualan dengan jargon ‘unjuk gigi tanpa gigi’.

Penjualan

Penjualan tidak terlalu menggembirakan,pangsa pasar utamanya adalah pengguna laki-laki dewasa usia muda (terlihat dari model iklannya), yang menginginkan motor bertenaga tanpa repot.Tapi kepeloporan Yamaha Nouvo membuka jalan bagi kesuksesan Yamaha mio dikemudian hari.

Model Pertama(2003-2005)

Warna bodi polos dan sebuah lampu utama besar di bagian dasi motor menyatu dengan fairing depan menjadi ciri khasnya.

Model Kedua(2005-sekarang)

Mempunyai nama pasar Yamaha Nouvo Z,secara garis besar sama dengan model pertama,hanya sedikit perubahan pada bodi.Perbedaan terjadi pada Lampu utama menjadi 2 (mirip mata belalang),penambahan kantong penyimpan dibalik fairing,lampu belakang lebih tajam,striping bodi baru.

Spesifikasi

  • Nama produk : NOUVO-Z
  • Jenis produk : Automatic
  • Harga Produk : Rp. 12,955,000 (maret 2007).
  • Mesin (sama dengan Yamaha Mio)
    • Tipe Mesin : 4 langkah, SOHC 2-Klep
    • Diameter x Langkah : 50.0 x 57.9 mm
    • Volume Silinder : 113.7 CC
    • Perbandingan Kompresi : 8.8 : 1
    • Kopling : Kering, Sentrifugal Otomatis
    • Susunan Silinder : Tunggal Miring Kedepan
    • Karburator : BS 25 x 1 MIKUNI
    • Sistem Pengapian : DC-CDI
    • Pelumas : Wet Sump
    • Kapasitas Oli Mesin : 0.8 Liter
    • Transmisi : V-Belt Otomatis
  • Chasis
    • Berat Kosong : 96 Kg
    • Tipe Rangka : Pipa Baja
    • Kapasitas Tangki : 4,9 Liter
    • Jarak Sumbu Roda : 1,280 mm
    • Jarak ke Tanah : 135 mm
    • Tinggi Tempat Duduk : 755 mm
  • Suspensi / ban
    • Suspensi Depan : Teleskopik
    • Suspensi Belakang : Unit Swing
    • Ukuran Ban Depan : 70/90-16 36P
    • Ukuran Ban Belakang : 80/90-16 43P
  • Performa (klaim pabrik)
    • Dimensi (P x L x T) : 1,935 x 675 x 1,070 mm
    • Sistem Starter : Kick & Electric
    • Daya Maksimum : 6.54 Km (8.9 ps) / 8,000 rpm
    • Torsi Maksimum : 7.84 Nm (0.88 kgf.m) / 7,000 rpm
  • Garansi
    • 3 tahun/ 36.000 Km : Mesin (Sesuai ketentuan)
    • 2 tahun : kelistrikan (Rotor, Stator, CDI, Ignition Coil, Motor Starter Assy)
    • 6 bulan/ 6.000 Km : Umum (Diluar kelistrikan)
    • Servis gratis: 4 kali + 2 kali oli mesin

n.jpg


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: